Catatan Perjalanan wannoni

Hidup Bermakna dengan Memaknai Kehidupan

Kehidupan Setelah Mati


   Feb 10

Kehidupan Setelah Mati

Banyak ayat maupun hadist yang bercerita tentang kehidupan setelah mati. Bagaimanakah itu ?

Setelah roh dicabut dari jasad, maka Islam memerintahkan agar mayat itu dikuburkan didalam tanah, karena inilah cara yang paling mudah dan paling baik.

Sumber hidup dan kesadaran roh dalam pengertiannya tetap ada. Roh tersebut mengahadapi berbagai persoalan dan keadaan tergantung kepada keadaan manusia yang mati tersebut beriman atau tidak.

Roh orang beriman bila saatnya di cabut maka Ia dipanggil oleh Tuhan dengan panggilan yang amat mesra. Roh itu keluar meninggalkan jasad dalam keadaan gembira pula. Akhirnya roh itu ditempatkan oleh Tuhan di tempat roh orang-orang shalih dan di alam Barzakh menunggu hari kiamat tiba.

Sedangkan roh orang-orang jahat dan meninggalkan shalat seperti Firman Allah surah Al-Qiyamah ayat 26-40, diterangkan bagaimana celaka (sengsaranya)orang yang mengingkari ajaran agama Allah dan yang tidak melakukan ibadat shalat, sombong, disaat detik-detik sakaratul maut dan setelah kematian.

Manusia tidak mengetahui sedikitpun tentang kehidupan sesudah mati. Seperti yang diterangkan pada Firman Allah

Surah An-Naml : 65 “Katakanlah (Hai Muhammad), tidak ada siapa-siapa di langit dan di bumi yang mengetahui perkara-perkara gaib selain Allah. Dan mereka tak tahu kapan mereka akan dibangkitkan”.


Surah Al-An’am 59 : “Pada sisi Allah-lah terletak kunci-kunci (rahasia) perkara-perkara yang gaib. Tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah”.

Dari dua ayat diatas dapat diketahui bahwa kehidupan sesudah mati itu tidak ada yang mengetahui kecuali Allah. Nabi , Rasul dan para Malikat mengetahui perkara-perkara yang gaib sekedar apa-apa yang diwahyukan Allah kepada mereka.

Surah Al-A’raf 188 : “Katakanlah hai Muhammad, aku (Muhammad) dapat mendatangkan manfaat bagi diriku, dan tidak pula menolak bahaya, kecuali menurut apa yang dikehendaki oleh Allah. Sekiranya aku mengetahui perkara-perkara yang gaib, tentu akan aku kumpulkan banyak harta dan tentu kesusahan tidak akan menimpa diriku. Aku tidak lain hanya seorang pemberi berita yang menakutkan dan berita yang menggembirakan”.

Sesudah wafat roh itu langsung kembali kepada Tuhan seperti Firman Allah dalam…

Surah As-Syajdah 11 dan 12 : “Katakanlah (hai Muhammad) Kamu akan diwafatkan oleh Malikat-malaikat Maut yang ditugaskan untuk itu, kemudian itu kamu akan kembali kepad Tuhan kamu”. “Dan alangkah hebatnya sekiranya engkau menyaksikan nanti orang-orang yang durhaka itu menundukkan kepala mereka dihadapkan Tuhan mereka sambil berkata (mengeluh) : Ya Tuhan, kami sudah melihat dan mendenar, maka kembalikanlah kami ke dunia, niscaya kami akan mengerjakan amal kebaikan, sesungguhnya kami sekarang sudah yakin”

Setiap orang-orang jahat dan durhaka yang sudah mati, lalu mereka melihat azab siksa yang disediakan bagi mereka, baru mereka bermohon kepada Tuhan agar kembali ke dunia untuk melakukan kebajikan-kebajikan.

Hal itu tidaklah mungkin sebab bila mereka dikembalikan ke dunia, pasti mereka akan berbuat jahat dan durhaka kembali.

Firman Allah surah Az-Zumar 59 : “Tidak mungkin engkau akan dikembalikan hidup ke dunia, sebab selama hidup di dunia sudah sampai kepadamu ayat-ayatKu, lalu engkau mendustakannya, engkau menyombong dan engkau tetap menolaknya”.

Sudahkah kita mempersiapkan hal-hal yang menyangkut kehidupan setelah mati agar kemudian menjadi menyenangkan ?

Sumber : “Hidup Sesudah Mati”, Bey Arifin.

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

4 Comments

  1. askum…
    uraian yang sangat menyentuh, tapi sy mau menanyakan selama bebrapa tahun ini saya terus memperbaiki diri dengan memperbanyak ibadah baik yg sifatnya vertikal maupun yang horizontal. tapi mengapa hati saya selalu merasa hampa? hal ini membuat saya sulit untuk bisa berlama2 bergabung sama teman-teman. kehampaan baru hilang ketika saya shalat dan zikir lama sambil menangis. dapatkah Ustad memberikan masukan bagaimana seharusnya saya bersikap supaya hati saya tidak dihantui perasaan gundah dan ketakutan yang tidak mendasar.

    syukran atas jawabannya.

  2. edisonyusra says:

    Ya ..suatu penjelasan yg sangat penting dan harus di kt yakini..bhwa ada kehidupan sesudah mati..ada pertanggung jawaban yg nt akan kt jalani..Ya Allah..ampunilah dosa2 ku..dosa ke2 orang tua ku,keluarga serta selamatkanlah kami semua dr azab api neraka..jauhkanlah kami dr kesombongan..kelalaian ats petunjukmu..amiin..terimakasih kpd penulis smga ini menjadi amal ibadah bagi mu amiin

  3. lelono says:

    Saya sering bingung, mendengar kata “surga neraka”. Ada yang bilang sorga di telapak kaki ibu ada juga bilang surga ada di langit ke tujuh. Langit aja saya gak ngeerti. Apasih langit? Klo di lihat di Google space yang ada cuman ruang kosong tanpa batas yang berisi planet, surya, satelit, meteorit dan benda-benda langit lainnya. Terus langitnya yang mana?. Sorganya mana?

  4. ayat2 di atas tdi menerang kan bahwa tidak ada yg mengetahui kehidupan setelah mati dan alam alam gaib kecuali alloh nabi rasul dan malaikat ,,, dan pertanyaan nyaa .. dari mana para uama tau kehidupan setelah mati itu begini begitu

Leave a Reply